Berapa Biaya Hidup di Bali ? MURAH KOK !

Banyak sekali pertanyaan mengenai stay di Bali itu seperti apa dan yang paling penting, berapa sih biaya yang perlu kita habiskan ketika kita punya rencana untuk tinggal menetap atau hanya sekedar berkunjung ke pulau dewata ini. Pada kesempatan ini saya akan coba memberi gambaran mengenai kehidupan di Bali serta anggaran-anggaran harian yang perlu dipersiapkan apabila mempunyai rencana untuk mencoba survive di Bali. saya adalah seorang perantau di Bali, sebelumnya saya menetap di Jakarta namun tidak bermaksud mengajak pembaca untuk ikut larut dalam kesedihan saya, saat itu kedua orang tua saya meninggal, saya mempunyai tekad untuk merintis kehidupan yang baru sendiri dan tempat yang saya pilih adalah Bali. Dan sampai saat ini saya sudah hampir dua tahun tinggal disini. Suka duka kehidupan telah banyak saya jalani. alhamdulillah masih bisa bertahan sampai sejauh ini. Oke kembali pada pokok pembahasan kita mengenai biaya hidup di Bali. sebetulnya tinggal di Bali itu tidak semahal yang di bayangkan, apalagi hanya sekedar melihat update instastory temen temen kalian yang begitu eksklusif dan terkesan wah, otomatis dalam benak kalian tersirat bahwasanya biaya hidup di Bali bakalan perlu menyiapkan bekal yang banyak. Hal yang utama jika kalian ingin ke Bali adalah pastikan tujuan yang akan kalian jalani di sini itu mau bagaimana. Mau stay sekaligus mencari kerja atau mencoba peluang usaha. Lain hal jika tujuan kalian hanya sekedar liburan melepas penat dari rutinitas pastinya kalian akan mengunjungi tempat tempat yang mungkin perlu merogoh kocek agak dalam. Namun perlu diketahui banyak kok tempat-tempat wisata yang murah bahkan gratis yang bisa kalian kunjungi dan gak kalah keren tempatnya. Nanti kalo misalkan ada diantara pembaca ingin eksplore Bali bisa saya temani asal konfirmasi dulu jadwalnya. Tenang, gak dipungut biaya apapun itung-itung saya ibadah mengenalkan tempat-tempat indah ciptaan Tuhan YME ke kalian. Sekaligus saya juga punya hobi fotografi. Anggaran yang paling besar mungkin ada di biaya akomodasi seperti tiket pesawat PP, tapi banyak kok tiket-tiket promo asal kalian rajin cek website resmi dari beberapa maskapai yang suka buat harga promo flight ke Bali especially masa COVID seperti sekarang ini biasanya harganya bisa lebih murah. Nah apabila anggaran untuk biaya akomodasi sudah aman, sekarang kita bahas mengenai tempat kita tinggal/menginap nanti. Dipastikan dulu kita mau stay berapa lama. untuk yang punya rencana dibawah satu minggu, alternatif yang bisa kalian pilih yaitu sewa penginapan / hostel. Kalo kalian buka traveloka banyak kok penginapan yang harganya murah-murah under 200k apalagi kalau kalian jiwa backpacker bisa sewa kamar yang permalamnya 50 ribu. Bagi yang punya rencana lebih dari satu minggu saya rekomendasikan untuk menyewa kamar kost perbulan. Ada beberapa yang menyewakan kamar kost dengan harga murah tergantung fasilitas yang di dapat. Bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Setelah akomodasi dan tempat tinggal aman, baru kita pikirkan biaya hidup seperti makan dan transport. Untuk makan di Bali dengan uang 10 ribu kalian sudah bisa makan nasi sayur lauk komplit, apalagi kalau bisa lebih irit dari itu banyak kok penjual nasi semisal nasi jinggo/nasi campur perporsinya bahkan ada yang dibawah 10 ribu dan rasanya pun gak buruk-buruk amat. pokoknya kalian sendiri lah yang tau mana yang terebaik buat perut kalian. Tinggal di Bali agak repot sih kalo engga ada kendaraan, alternatifnya kalian bisa sewa motor, perharinya ada beberapa yang menyewakan dibawah 50 ribu tergantung tipe apa motor yang disewa. Paling tinggi semisal N-Max dibandrol 60 ribuan perhari selebihnya yang lain di bawah itu. rencanakan mau sewa berapa lama, biasanya makin lama waktu sewa harga bisa lebih murah. Dan yang terakhir anggaran untuk kita liburan, yakali pergi ke bali engga liburan samasekali kayanya sayang aja untuk dilewatkan. Ini merupakan bagian opsional. Apabila segala kebutuhan pokok semuanya sudah aman terpenuhi baru kita pikirkan mengenai destinasi wisata yang akan kita kunjungi. Di Bali banyak sekali tempat bagus yang bisa mewarnai feeds dan snapgram kalian karena semboyan tinggal di Bali itu "Setiap hari adalah liburan" "everyday is holiday". Kalo kita sudah punya transportasi mau kemana aja enak asal ada bensin dan uang parkir di beberapa tempat. Karena potensi pulau Bali adalah pantai jadi kebanyakan tempat-tempat yang bagus itu ya pantainya, apalagi di daerah pecatu uluwatu itu pantai dan karangnya sangat menakjubkan. dibawah aku sertain gambar gambarnya
So kapan kalian punya rencana ke Bali ? saya doakan semoga rezekinya lancar supaya bisa liburan ke Bali bersama dengan orang-orang yang kalian sayang. sekian tulisan dari saya, mohon maaf kalau ada ujaran yang kurang berkenan. Ditunggu ngobrol di kolom komentarnya yaa. Wasalam.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cari Rooftop buat Hunting Foto di Jakarta? Daerah Sudirman Ada! (Uncut Secret)

Review SKYE Bar Menara BCA Lantai 56